DEALER MOBIL SUZUKI

Dealer Mobil Suzuki Probolinggo

Menu

Tips Merawat Mobil Diesel Agar Tetap Bagus

Selasa, Mei 19th 2020.

Salah satu jenis kendaraan roda empat yang masih banyak diminati masyarakat dari berbagai kalangan adalah mobil diesel. Mobil yang dijual di pasaran sesuai dengan desain dan harga yang bervariasi untuk berbagai kalangan masyarakat ini juga perlu terus dirawat agar tetap dapat dikendarai. Dalam perawatannya, ada tips merawat mobil diesel yang secara khusus harus dijalankan oleh pemiliknya. Berikut beberapa tips yang perlu Anda ikuti.

1. Menggunakan solar yang berkualitas

Tips merawat mobil diesel yang pertama adalah memilih solar yang berkualitas untuk menjalankan mesin mobil diesel Anda. Sebaiknya gunakan solar dengan kadar sulfur yang rendah. Hal ini karena dapat mempengaruhi tarikan yang lebih ringan serta suara yang lebih halus pada mesin kendaraan diesel tersebut. Solar dengan kadar sulfur yang rendah juga sangat direkomendasikan jika mesin mobil Anda menggunakan teknologi Common rail. Kadar sulfur yang rendah juga memberikan keuntungan pada mobil dalam hal produksi asap knalpot dimana asap knalpot tersebut terlihat bersih, tidak hitam legam. Jadi, walaupun Anda mungkin perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk solar berkualitas, Anda tetap akan mendapatkan performa mobil diesel yang tetap terjaga.

Apabila Anda akan mengendarai mobil diesel tersebut, sebaiknya periksa terlebih dahulu solar dalam tangki mobil. Hindari untuk memaksakan penggunaan mobil saat tangki solar minim bahkan kosong. Pemaksaan seperti ini hanya akan menyebabkan kerusakan filter solar akibat pengembunan. Selain solar sendiri, Anda juga perlu mengganti filter solar secara berkala. Dengan begitu, kotoran pada mesin mobil diesel tidak akan menumpuk.

2. Memeriksa dan mengganti spare part mobil yang hampir rusak

Selain bahan bakar, Anda juga perlu rajin memeriksa spare part dari mobil bekas Anda. Jika Anda ingin mobil diesel Anda memiliki performa yang baik, Anda juga perlu menggunakan spare part asli dan berkualitas untuk mesin mobil diesel tersebut. Walaupun Anda menggunakan spare part bagus, Anda juga tetap harus melakukan kebiasaan perawatan yang baik agar spare part mobil diesel terus bekerja maksimal sesuai fungsinya.

3. memilih komponen pendukung yang tepat untuk jenis mobil diesel

Tips merawat mobil diesel yang terakhir adalah memilih komponen mobil diesel yang sesuai dengan jenis mobil diesel tersebut. Salah satu komponen penting tersebut adalah oli. Oli atau pelumas mobil harus disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan mobil diesel tersebut. Agar performa mobil diesel tetap baik, Anda harus selalu memanaskan mesin terlebih dahulu ketika akan menggunakan serta tidak langsung mematikan mesin setelah selesai dikendarai. Jadi, baik sebelum atau sesudah digunakan, Anda perlu membiarkan mesin menyala setidaknya 5 menit sebelum digunakan atau dimatikan. Dengan begitu, mesin tidak akan “kaget”.

Mobil Terbaru

Related Article Tips Merawat Mobil Diesel Agar Tetap Bagus

Jumat 8 Mei 2020 | Tak Berkategori

Masuk kategori green car, sudah semestinya jika Karimun Wagon R irit bahan bakar. Telah diuji berkali-kali baik oleh awak media melalui test drive maupun lomba…

Selasa 5 Mei 2020 | Tak Berkategori

Toyota segera merilis Urban Cruiser. Sebuah SUV berbasis Suzuki Vitara Brezza diperkirakan melantai akhir Juli atau Agustus 2020 di Negeri Barata. Lagi-lagi itu semua bergantung…

Sabtu 16 Mei 2020 | Tak Berkategori

Cara Sederhana Merawat Mesin Mobil Suzuki Sejahtera Buana Trade Mesin dapat dikatakan jantung suatu kendaraan yang sangat perlu diperhatikan guna kendaraan dapat berfungsi secara optimal.…